← Back to portfolio

Peluang Menimba Ilmu di Negara Asing

Published on

Keinginan mencari pengalaman belajar di luar negeri bukanlah angan-angan bagi mahasiswa/i London School of Public Relations. Sekolah Tinggi Komunikasi berakreditas A ini memberikan peluang kepada mahasiswa/inya yang ingin mengikuti program Student Exchange dan Study Abroad selama 1 semester penuh di universitas asing.

Program Student Exchange dan Study Abroad ini dapat membantu anda dalam melatih ketrampilan bahasa asing, pengembangan pribadi juga pengalaman yang tak terlupakan. Setiap program memiliki kriterianya masing-masing yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa/I di London School of Public Relations.

Student Exchange program ini adalah program dimana mahasiswa/i LSPR Jakarta akan belajar di universitas asing pilihannya selama 1 semester periode bulan Agustus/September – Desember/Januari. Dalam program Student Exchange ini anda hanya akan membayar biaya hidup karena biaya uang kuliah "dibebaskan" bagi siswa yang dipertukarkan di antara kedua institusi tersebut.

Kriteria untuk program Student Exchange ini adalah GPA > 3.0, passed City & Guilds, UK – sertifikat Internasional untuk Business English, rekomendasi dari Dekan, English Division dan International Office juga lulus tes tulis dan wawancara. Mahasiswa/i akan berada dalam tahun ke-3 perkuliahannya (Semester 5) pada saat mengikuti program ini.

Program Student Exchange ini memiliki quota yang sangat terbatas, tergantung dari universitas yang ditawarkan. Negara yang ditawarkan untuk program ini adalah Netherlands, Denmark, Switzerland, Germany, Russia, Macau, Malaysia, Korea Selatan dan India. Setiap jurusan memiliki pilihan negara dan universitasnya masing-masing.

Dalam program Study Abroad mahasiswa/i LSPR Jakarta juga akan belajar di universitas asing pilihannya selama 1 semester periode bulan Agustus/September – Desember/Januari. Namun, anda harus membayar uang kuliah dan juga menanggung biaya hidup. Berbeda dengan program Student Exchange yang hanya membayar biaya hidup saja.

Kriteria dari program Study Abroad ini juga sama dengan program Student Exchange. Mata pelajaran yang dipelajari selama semester 5 harus disepakati oleh LSPR Jakarta karena kredit untuk mata pelajaran yang dipelajari di universitas asing akan ditransfer kembali ke LSPR Jakarta.

Program Study Abroad ini tidak memiliki quota, sehingga siapapun bisa mengikuti program ini. Negara yang ditawarkan untuk program lebih banyak dibandingkan program Student Exchange, yaitu Netherlands, Switzerland, Germany, Spain, France, Denmark, Ireland, Russia, Macau, Malaysia, Korea Selatan, United Arab Emirates, China, United Kingdom, Australia, Canada, dan USA. Setiap jurusan memiliki pilihan negara dan universitasnya masing-masing.

Salah satu mahasiswi LSPR Jakarta yang mengikuti program Student Exchange adalah Felicia Meiryana. Felis yang mengikuti Student Exchange program 2018-2019 ini telah merasakan bagaimana jalan-jalan dan menuntut ilmu di negeri orang berkat program ini selama 1 semester di Breda University of Applied Sciences, Netherlands.

Felis banyak belajar hal baru melalui pengalaman yang ia dapatkan ketika di Netherlands, hal itu membuat Felis memiliki perspektif yang lebih luas karena teman yang ia temui dari manca negara. Melalui program ini juga Felis merasa ia menjadi pribadi yang lebih mandiri.

Kedua program memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun diluar dari itu program Student Exchange dan Study Abroad ini sama-sama memberi dampak positif bagi kita semua. Jadi tunggu apa lagi? Yuk daftar di London School of Public Relations Jakarta!